Waspadai Gigi Berbunyi Saat Tidur

Senin, 25 September 2017 - 19:29 WIB
Waspadai Gigi Berbunyi...
Waspadai Gigi Berbunyi Saat Tidur
A A A
JAKARTA - Gigi yang bergetar dan berbunyi saat tidur kerap dalami oleh siapa saja, termasuk pada mereka yang masih remaja. Namun, hal ini perlu diwaspadai. Pasalnya hal ini menandakan terjadinya sesuatu.

Dilansir BBC, penelitian yang dilakukan di Brazil menunjukkan kebiasaan ini, khususnya pada remaja menandakan bahwa mereka mengalami bullying di sekolah. Penelitian ini dilakukan terhadap lebih dari 300remaja berusia 13-15 tahun.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan, merekayang mengalami bullying secaraverbal lebih berisiko empat kali untuk menggemeretakkan giginya di malam hari dibanding remaja yang tidak mengalami bullying.

"Kami tahu bahwa dampak kebiasaan ini sering kali tidak disadari orang, padahal ini bisa jadi jendela penting dari kondisi pikiran seorang anak atau remaja," kata Dr Nigel Carter dari Oral Health Foundation Inggris.

Tak hanya remaja, kondisi ini juga bisa dialami mereka yang berusia dewasa. Namun, pada usia ini kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi yang stres atau gelisah karena suatu hal.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0759 seconds (0.1#10.140)